Rabu, 10 Juli 2013

Kegiatan Sunnah Dalam Puasa selama Bulan Ramadhan

Beberapa Hal Sunnah Di Bulan Suci Ramadhan

   Assalamualaikum. wr.wb.
       Alhamdullilah akhirnya kita kini dapat bertemu kembali dengan bulan suci yang penuh berkah dan rahmat ini . yaitu bulan suci Ramadhan . dalam kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan beberapa hal tentang sunnah" yang ada di bulan suci Ramadhan , yang siapa tau dapat kita lakukan dalam menyambut bulan ini.

     tak perlu panjang lebar lagi saya menerangkan banyak-banyak . langsung kita simak saja sunnah-sunnah yang ada di dalam bulan suci ini.
  1. Segera Berbuka Puasa    . Yang sesuai sunnah adalah mensegerakan berbuka. Hal ini yang ditunjukkan oleh banyak hadits, dari Sahl bin Sa’ad sesungguhnya Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:                                                                                                                                        ( لا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ ) رواه البخاري (1821) ومسلم (1838                         “Orang-orang senantiasa dalam kebaikan dikala mensegerakan berbuka.” HR. Bukhori, 1821 dan Muslim, 1838.                                                                                                                                     Yang seyogyanya adalah bersegerah untuk berbuka (meskipun) dengan sedikit makanan untuk menghilangkan sedikit laparnya kemudian menunaikan shalat. Dan setelah itu, kalau mau kembali ke makanan sampai menyelesaikan keperluannya (makan sepuasnya). yah dari sini kita dapat simpulkan bahwasanya Allah akan memuliakan bagi hamba-NYA yang mau untuk mensegerakan untuk berbuka , dan memberikan pahala yang lebih. so jadi jangan malu untuk mensegarakan berbuka guys ;) (asalkan tepat waktunya)
  2. Berbuka Dengan Kurma
                                                                                                                      أَخْبَرَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا ثَابِتُ بْنُ يَزِيدَ حَدَّثَنَا عَاصِمٌ عَنْ حَفْصَةَ عَنْ الرَّبَابِ الضَّبِّيَّةِ عَنْ عَمِّهَا سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ فَإِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ                                                                                         Jika salah seorang dari kalian berbuka hendaknya dgn kurma, jika tak mendapatkannya hendaknya dgn air, karena sesungguhnya air adl sesuatu yg membersihkan. [HR. Darimi No.1639].                                                                                            yah dan itu untuk hadist pertama kita.                                                                                                         lalu ada pula hadist lain . yaitu inilah prilaku Nabi Sallallahu’alaihi wa sallam. Dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu berkata:                                                                                                                                 ( كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ ) رواه الترمذي (الصوم / 632) وصححه الألباني في صحيح أبي داود برقم (560)                                                                                        “Biasanya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam berbuka sebelum menunaikan shalat dengan rutob (kurma setengah matang). Kalau tidak didapati, dengan kurma. Kalau tidak didapati dengan seteguk air.” HR. Tirmizi, puasa/632. Dishohehkan oleh Al-Bany di shoheh Abu Dawud no. 560.                                         yah dari sini kita dapat ambil kesimpulan betapa barokahnya bagi orang yang mampu berbuka dengan si buah ini , sehingga banyak manfaat yang kita dapat ambil , dan jangan bersedih hati apabila kita tidak bisa selalu menyediakan si kurma saat berbuka , karna bahwasanya tidak harus selalu kurma yang disediakan , ada kalanya air putih saja siudah cukup untuk berbuka , seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi kita Sallallahu'alaihi wa sallam.
  3. Sebelum
    makan berbuka, ucapkanlah 'bismillah' agar tambah barokah. Inilah yang dituntunkan dalam Islam agar makan kita menjadi barokah, artinya menuai kebaikan yang banyak. Rasulullah shallalalahu 'alaihi wa sallam bersabda :                                              
    "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala (yaitu membaca 'bismillah'). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”." (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858, hasan shahih)                                                                                                                                       so jangan lupa untuk mengucapkan "bismillah" kawan , agar supaya lebih barokah :D
  4. Berdo'a secara umum ketika berbuka.
    Ketika berbuka adalah waktu mustajabnya do'a. Jadi janganlah seorang muslim melewatkannya. Manfaatkan moment tersebut untuk berdo'a kepada Allah untuk urusan dunia dan akhirat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak :                                      (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396, shahih).                              Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7: 194).
  5.  Berdoa sesudah makan. Di antara do’a yang shahih yang dapat diamalkan dan memiliki keutamaan luar biasa adalah do’a yang diajarkan dalam hadits berikut. Dari Mu’adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
    ,"Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath'amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin” (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Tirmidzi no. 3458, hasan)
    Namun jika mencukupkan dengan ucapan “alhamdulillah” setelah makan juga dibolehkan berdasarkan hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Sesungguhnya Allah Ta'ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum” (HR. Muslim no. 2734)
    An Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika seseorang mencukupkan dengan bacaan “alhamdulillah” saja, maka itu sudah dikatakan menjalankan sunnah.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 17: 51)

yah mungkin itu beberapa hal-hal sunnah yang dapat kita lakukan selama berpuasa di bulan suci Ramadhan ini . dan tidak lupa pula apa salahnya untuk memperbanyak amal kita selama bulan puasa ini . 
okey saatnya saya ucapkan terima kasih pada pembaca semua , semoga amal kita selama menjalankan puasa di bulan yang penuh berkah ini diterima oleh Allah SWT seluruhnya . amiinn.. 
wassalamualaikum wr.wb.. 
see you next timee.. ;))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar